Alat Kesehatan Yang Harus Tersedia di Rumah

Alat Kesehatan Yang Harus Tersedia di Rumah

Kesehatan sangat penting bagi jiwa rohani maupun jasmani, kesehatan juga termasuk harta yang tak ternilai. Tanpa disadari kesehatan juga sering terabaikan. Oleh karena itu, kita harus melakukan tindakan yang preventif dengan cara menyediakan alat-alat kesehatan sederhana di dalam rumah untuk mendeteksi dan mengobati gangguan kesehatan dengan cepat, tepat, dan tanggap.

Alat-alat kesehatan itu juga yang harus ada disetiap kita membutuhkan. Dimanapun kita berada, kita harus memiliki persediaan alat kesehatan minimal peralatan kesehatan yang masih dikategorikan dalam golongan dasar.

Berikut alat-alat kesehatan yang wajib tersedia di rumah :

1. Thermometer

Thermometer digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Kita bisa memilih antara Thermometer Digital atau Thermometer Air Raksa. Tentu saja cara penggunaan kedua jenis Thermometer tersebut masing-masing berbeda tetapi tujuannya sama. Penggunaan Thermometer Digital lebih mudah dan praktis di banding Thermometer Air Raksa. Tetapi hasil dari Thermometer Air Raksa lebih akurat dibanding Thermometer Digital. Masing-masing thermometer mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Sedangkan cara penggunaan thermometer digital hanya perlu menekan tombol ON lalu letakkan di bagian ketiak, mulut atau leher. Sementara itu, cara penggunaan Thermometer Air Raksa harus mengibas-mengibaskan alat tersebut sampai air raksanya turun. Thermometer Air Raksa menggunakan air raksa dari parameter suhu tubuh sesuai daerah dimana kita berada. Oleh karena itu Thermometer Air Raksa hasil pemeriksaannya lebih akurat dibandingkan dengan thermometer digital.

2. Tensimeter atau Sphygmomanometer

Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur denyut atau curah jantung kita dalam memompa darah keseluruh tubuh. Terdapat tiga Jenis tensimeter yang bisa kita gunakan yaitu tensimeter jarum, tensimeter raksa serta tensimeter digital. Masing-masing jenis tensimeter memiliki cara penggunaan yang berbeda tetapi tujuannya sama. Tentu juga masing-masing jenis tensimeter mempunyai kelebihan dan kekurangan. Diantara 3 jenis tensimeter tersebut, Tensimeter air raksa lah yang paling akurat hasilnya namun cara penggunaannya sedikit rumit.

3. Alat Cek Gula Darah, Kolesterol dan Asam Urat

Alat ini merupakan perangkat terbaru yang digunakan untuk mengukur dan mendeteksi kadar gula dalam darah, asam urat dan kolesterol dalam satu alat. Alat ini wajib tersedia di rumah agar kita bisa menggunakannya di setiap saat.

4. Timbangan Berat Badan

Ada 2 jenis timbangan yaitu Timbangan berat badan Analog dan Timbangan berat badan Digital. Masing-masing jenis timbangan berat badan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tentu saja timbangan berat badan digital yang paling akurat hasilnya tetapi harganya lebih mahal dibandingkan dengan timbangan berat badan analog.