Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Penyakit mungkin sering diidentikan dengan orang lanjut usia atau orang tua. Namun, itu berbeda dengan zaman sekarang, penyakit dapat menyerang siapa saja dari golongan mana saja tanpa memilih usia dan jenis kelamin. Tak terkecuali penyakit asam urat.

Penyakit yang terjadi akibat dari penumpukan kolesterol yang berlebihan serta penumpukan purin ini juga sangat terkenal dan populer di kalangan remaja. Penyakit satu ini sangat di hindari, sebab jika anda terkena penyakit ini sangat mengganggu aktivitas anda, berbeda dengan penyakit seperti flu dan batuk pilek.

Purin sendiri merupakan salah satu zat yang ada di dalam tubuh mahkluk hidup. Tidak hanya binatang dan manusia yang memiliki purin, namun tumbuhan dan buah – buahan juga memiliki purin di dalamnya.

Jadi, jika kita memakan tumbuhan, buah dan hewan tersebut, maka secara tidak langsung purin tersebut masuk ke dalam tubuh kita. Dengan kadar purin yang tinggi ini menyebabkan purin mengendap, dan mengkristal di dalam persendian dan tulang – tulang manusia.

Pengobatan untuk penyakit asam urat ini sendiri memiliki 2 jenis pengobatan, yaitu, pengobatan secara medis (Dengan cara pergi ke dokter dan melakukan pengobatan dari dokter atau rumah sakit) dan pengobatan non medis dengan cara alami atau herbal. Dari kedua jenis pengobatan ini sendiri emiliki kelemahan dan kelebihan masing – masing.

Namun, pengobatan secara alami dan herbal lebih banyak menjadi pilihan masyrakat dan penderita asam urat untuk menyembuhkan penyakit mereka. Sebab, walaupun memiliki kelemahan, namun efek samping tidak sebesat pengobatan secara medis.

Pada topik kali ini, kita akan membahas mengenai Cara Alami Mengobati Asam Urat. Ada beberapa cara untuk mengatasi dan mengobati asam urat secara alami, berikut penjelasan dan caranya :

1. Menggunakan Jahe

Banyak cara alami untuk mengobati asam urat, salah satu caranya adalah menggunakan jahe. Jahe sering di gunakan masyarakat tradisional dimana masih belum adanya dokter dan rumah sakit untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti, masuk angin, batuk, flu, termasuk pastinya di dalamnya adalah Asam Urat.

Manfaat Kandungan Jahe Pada Asam Urat

Jahe juga terdiri dari beberapa jenis, ada 3 jenis yang memiliki khasiat berbeda – beda. Antara lain; Jahe Badak, jahe merah, dan jahe kuning. Manfaat dari jahe ini sendiri beraneka ragam. Salah satunya adanya kandungan senyawa zingeron di dalamnya. Selain itu, ada kandungan lain bernapa zingiberena. Kandungan inilah membuat rasa khas pada jahe, yaitu pedas dan panas ketika di minum.

Salah satu jenis jahe di atas, yaitu jahe merah sangat terkenal dengan khasiatnya menyembuhkan banyak sekali penyakit yang berbahaya di alami di dalam tubuh manusia. Tentunya, pengolahan, peramuan dan pembuatan dengan tepat adalah salah satu hal yang harus dilakukan.

Salah satu masalah kesehatan tersebut adalah asam urat. Jahe memiliki manfaat khusus dalam mengobati penyakit asam urat. Anda sangat perlu mengetahui khasiat dan cara pengolahan dengan benar untuk menjadikan jahe obat yang manjur untuk asam urat. Berikut merupakan beberapa manfaat jahe untuk asam urat :

  • Mengurangi Lemak dan Kolesterol di Dalam Tubuh

Seperti yang kita ketahui, asam urat sering terjadi karena adanya penumpukan lemak di dalam tubuh. Lemak ini muncul karena memiliki pola makan yang tidak sehat dan tidak seibang, sehingga menimbulkan penumpukan terlalu banyak pada tubuh.

Jahe merah memiliki khasiat menurunkan lemak jahat di dalam tubuh. Anda dapat mencoba menggunakan jahe merah untuk menghancurkan lemak yang terdapat di usus. Tidak hanya lemak, anda tentunya juga bisa menghancurkan zat purin yang menjadi penyebab khusus asam urat terjadi dengan kandungan yang terdapat di dalam jahe.

  • Pereda Inflamasi dan Pembengkakan

Akibat dari seseorang yang terkena asam urat adalah munculnya pembengkakan yang pastinya mengganggu aktivitas ada sehari – hari. Anda akan menemukan bekas merah seperti bercak pada sekitar persendian, jika anda telah menemukan ini, maka anda harus segera waspada sebab ada dampak dan efek yang lebih buruk dari pada ini.

Penggunaan jahe adalah pilihan yang tepat untuk meredakan asam urat. Anda dapat menurunkan bengkak karena penumpukan purin di dalam tubuh.

  • Minuman Anti Oksidan yang Baik

Suatu penyakit pasti ada di dalamnya kuman, virus dan bakteri. Termasuk di dalamnya penyakit asam urat. Lalu, anda tidak akan bisa melawannya begitu saja, di perlukan asupan dalam tubuh yang memiliki kandungan zat antibiotik. Jahe adalah salah satu tanaman yang di dalamnya terdapat zat tersebut. Dengan mengkonsumsi jahe, maka anda akan mengurangi bahkan menghilangkan virus di dalam tubuh. Termasuk di dalamnya adalah virus yang menyebabkan asam urat terjadi.

Cara Meramu Jahe untuk Asam Urat

  1. Persiapkan 2 hingga 3 jahe sebesar jempol (Ibu Jari) dan di potong.
  2. Bersihkan jahe yang telah di poton tersebut dengan air bersih yang mengalir pada permukaan jahe tersebut
  3. Ambil hahe yang telah di bersihkan tersebut masukan ke dalam air yang telah mendidih
  4. Rebus jahe tersebut hingga terlihat perubahan warna pada air. Ini menandakan bahwa air telah tercampur dengan estrak jahe
  5. Angkat Rebusan air ini dan biarkan mendingin.
  6. Minulah air ini sebanyak 2 – 3 kali sehari

 

2. Menggunakan Daun Salam



3. Menggunakan Daun Kelor



4. Menggunakan Daun Sirsak



5. Menggunakan Es Batu



6. Menggunakan Air Garam



7. Menggunakan Jeruk Nipis



8. Menggunakan Jeruk Lemon



9. Menggunakan Labu Siam



10. Menggunakan Wortel



11. Menggunakan Kayu Ular



12. Menggunakan Nanas



13. Menggunakan Pepaya Muda



14. Menggunakan Daun Binahong



15. Menggunakan Bawang Putih



16. Menggunakan Mahkota Dewa



17. Menggunakan Minyak Zaitun



18. Olahraga